Facebook Saring Link ‘Menggoda’


 

Facebook baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan perusahaan keamanan Websense. Kolaborasi ini ditujukan untuk melindungi Facebooker dari situs jahat serta malware yang mengintai.

Melalui link menggoda yang disebarkan via Facebook, pelaku cyber crime diketahui sering berhasil menggiring pengguna Facebook ke situs jebakan.

Kerap kali ia menyamar sebagai link yang mengatakan bahwa jika ia diklik pengguna bisa mengetahui siapa saja yang melihat profile mereka. Akibatnya, pencurian data-data pengguna hingga penyebaran virus sukses dilakukan.

Kini lewat kerjasama Facebook dengan Websense, tiap kali pengguna akan mengklik sebuah link, maka sistem ini akan mengecek link tersebut terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ia aman dikunjungi atau tidak.

Sebuah pesan berisi peringatan akan muncul apabila diketahui link itu beracun dan menyarankan user untuk kembali ke halaman berikutnya. Websense juga menyediakan button ‘return to previous page’ untuk mendorong user agar benar-benar memilih opsi ini.

Upaya Facebook untuk melindungi user dari link berbahaya bukan kali ini saja. Sebelumnya situs jejaring ini juga berpartner dengan Web of Trust untuk menawarkan perlindungan serupa.

Perlindungan user terhadap ancaman malware sangat penting, terutama bagi mereka yang suka Facebookan di tempat kerja.

Dikutip detikINET dari HuffingtonPost, Selasa (4/10/2011), mengacu pada data Websense, 52% perusahaan melaporkan adanya peningkatan serangan malware yang diakibatkan pemakaian social media oleh karyawannya.

Meski begitu hanya ada 29% perusahaan saja yang mengatakan mereka telah melakukan perlindungan untuk menghadapi serangan ini.

 

sumber : Detiknet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s